HOME
Home » BUDIDAYA » MAKANAN ALAMI BUAT BUDIDAYA PERAIRAN

MAKANAN ALAMI BUAT BUDIDAYA PERAIRAN

Posted at August 1st, 2018 | Categorised in BUDIDAYA

MAKANAN ALAMI BUAT BUDIDAYA PERAIRAN

Pakan natural ialah pakan yang dikonsumsi oleh organisme yang berasal dari alam. Usaha budidaya pakan natural ini bisa dibagi atas dua kelompok besar yaitu : penyediaan pakan natural yang selektif serta penyediaan pakan natural secara nonselektif layaknya pemupukan di lahan perairan. Supaya bisa membudidayakan pakan natural tersebutkan sesegera mungkin dikuasai metoda budidayanya yang berdasarkan terhadap pengetahuan aspek biologi serta kimianya yang mencakup: morfologi, tahapan stadia perkembang biakkannya, daur hidup serta habitat, kelajuan serta status pertumbuhan, habit serta metode makan atau unsur hara yang dibutuhkan buat hidup serta peningkatan dan nilai gizi pakan alami. Saat ini akan dibahas MAKANAN ALAMI BUAT BUDIDAYA PERAIRAN.

Alasan mengapa penggunaan pakan natural dalam usaha budidaya ikan senantiasa adanya antara lain adalah:

  1. Kandungan nutrisi yang tinggi serta sesuai bagi larva ikan dan bisa ditingkatkan kandungan gizinya melewati pengayaan (enrichment)
  2. Toleransi hidup pada lingkungan yang tinggi
  3. cepat reproduksi tinggi (misalnya: 0,7 – 1,4 kali/rotifera/hari)
  4. bisa diproduksi secara massal dengan melaksanakan budidaya intensif
  5. Ukuran badan pakan natural umunya kecil sehingga sesuai dengan ukuran bukaan mulut larva ikan konsumsi serta ikan hias
  6. pakan natural ini mempunyai gerakan yang lambat sehingga menarik pandangan serta memudahkan larva buat menangkapnya
  7. Autolisis maknanya pakan natural ini mengandung enzim-enzim pencernaan yang memudahkan larva dalam mencerna makanannya
  8. status pencemaran pada nilai mutu air dalam wadah budidaya rendah Jenis Pakan natural buat Budidaya Perairan

Jenis Pakan Natural

Pakan natural yang bisa dibudidayakan buat keperluan larva ikan air tawar/payau/laut serta ikan hias serta banyak terkandung dialam bisa dikelompokkan menjadi tiga yaitu phytoplankton, zooplankton serta benthos

Phytoplankton

Phytoplankton ialah organisme air yang melayang-layang mengikuti pergerakan air serta berbentuk jasad nabati. Dalam siklus hidupnya phytoplankton melaksanakan sistem fotosintesa serta berukuran kecil yaitu terdiri dari satu sel atau sebagian sel. Bentuk phytoplankton antara lain : oval, bulat serta layaknya benang. Biasa lebih banyak ditemui terhadap tempat yang berada di area continental shelf serta di pantai dimana terkandung sistem upwelling. Daerah tersebut kebiasaannya merupakan suatu area yang cukup kaya akan bahan-bahan organik. Phytoplankton dikatakan juga plankton nabati, ialah tumbuhan yang hidupnya mengapung atau melayang di perairan tawar, payau serta laut. Ukurannya amat kecil hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Phytoplankton yang hidup di dalam perairan ini akan membagikan warna yang khas terhadap perairan tersebut layaknya berwarna hijau, biru atau coklat. Perihal ini disebabkan didalam badan phytoplankton terkandung zat warna atau pigmen. tenaga yang terdapat di dalam phytoplankton dialirkan melewati rantai makanan.

phytoplankton yang telah bisa dibudidayakan serta dikonsumsi oleh ikan/udang/ikan hias antara lain : Alga Hijau (Kelas Chlorophyceae), Alga Coklat (Kelas Bacillariophyceae/kelas Phaephyceae), Alga Hijau Kebiruan (Kelas Cyanophyceae), Chlorella sp,. Tetraselmis sp,. Scenedesmus sp,. Skeletonema costatum, Spirulina sp. Pakan natural dalam kelompok phytoplankton juga dikatakan dengan mikro alga yaitu kelompok alga yang berukuran kecil.

Zooplankton

Jenis pakan natural yang kedua ialah zooplankton yaitu organisma air yang mengambang mengikuti pergerakan air serta berbentuk jasad hewani. Jenis zooplankton yang biasa dipakai sebagai makanan larva atau benih ikan/udang/ikan hias serta telah bisa dibudidayakan ialah Rotifera, yaitu Brachionus sp. , Brachiopoda, yaitu Artemia salina, Cladocera, yaitu Moina sp. serta Daphnia sp, Infosaria, yaitu Paramecium sp.

Benthos

Benthos ialah organisma air yang hidupnya di basis perairan. Benthos yang biasa dipergunakan serta bisa dibudidayakan sebagai makanan ikan antara lain ialah cacing rambut (Tubifex) serta larva Chironomus sp. terhadap lazimnya benthos yang hidupnya Berposisi di basis perairan yang mengandung bahan organik tinggi. Larva Chironomus sp berasal dari lalat Chironomus, hidup terhadap perairan yang mengandung bahan organik yang tinggi baik dari result limbah buangan rumah tangga ataupun terhadap keadaan perairan yang kumuh dengan bahan organik, Larva Chironomus sp atau lebih diketahui sebagai cacing darah (bloodworm) merupakan larva dari serangga yang diantaranya ke dalam family nyamuk.

Maggot

Jenis pakan natural yang sedang dimantapkan sebagai substitusi tepung ikan ialah Maggot. Maggot merupakan larva dari serangga Hermetia illucens atau Black Soldier. Maggot (ulat serta serangga black soldier) merupakan asal pati bahan baku protein non tepung ikan yang didambakan dapat berlakon dalam mensuplai protein sesuai dengan keperluan ikan. Keunggulan Maggot ialah bisa diproduksi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Sebagai asal pati protein hewani, Maggot juga berpotensi buat mengubah tepung ikan yang makin kuno keberadaannya saat ini. Kandungan protein yang terkandung terhadap Maggot amat tinggi sehingga Maggot amat baik, dipakai buat mempercepat sistem peningkatan terhadap ikan-ikan budidaya.

Jenis pakan natural air tawar yang telah banyak dibudidayakan secara massal antara lain ialah Moina, Daphnia, Brachionus, Tubifex , sementara jenis pakan natural air laut yang telah dibudidayakan ialah beragam macam jenis phytoplankton, Brachionus, Artemia salina

Tags :